Calon Menteri, Jokowi Besok Umumkan Kabinet Periode ke dua


Ilustrasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Presiden RI Joko Widodo memastikan siap memperkenalkan susunan kabinet periode keduanya, pada Senin besok 21 Oktober 2019. Susunan kabinet yang ia bentuk disebut sudah rampung.

“Sudah rampung, selesai. Nanti, besok pagi saya kenalkan,” kata Jokowi, sebelum ke pelantikan, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Jokowi menjelaskan kabinet baru dikenalkan Senin besok karena Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin sore ini dijadwalkan akan langsung melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang.

“Besok pagi saya kenalkan karena nanti sore pak Kiai Ma’ruf harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar,” katanya.

Jokowi belum memberi tahu siapa saja yang akan membantunya untuk lima tahun ke depan. Termasuk apakah kader-kader partai oposisi seperti Gerindra dan Demokrat.

Usai dikenalkan pada Senin 21 Oktober besok, maka selanjutnya akan dilantik. Namun, terkait pelantikan dihari yang sama, Jokowi tidak menjawab dengan tegas.

Jelang pelantikan Jokowi dan pengumuman kabinet, isu utak atik susunan menteri memang mencuat. Sejumlah nama bermunculan di publik dan digadang-gadang masuk kabinet. Apalagi, ada pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara, beberapa waktu lalu. Lalu, pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>