Usai Kebakaran Hutan, Gunung Arjuno-Welirang Kembali Dibuka


Gunung Arjuno, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Pendakian Gunung Arjuno-Welirang kembali dibuka sejak tutup selama dua bulan akibat kebakaran hutan. Kebakaran di kawasan ini sudah padam setelah beberapa kali turun hujan.

“Mulai Senin besok, pendakian kembali dibuka,” kata Kepala UPT Tahura R Soerjo Ahmad Wahyudi, Minggu (3/11).

Wahyudi mengatakan, mulai Senin semua pos pendakian sudah melayani pendaftaran. Para pendaki Arjuno-Welirang bisa melalui pos pendakian Tretes, Tambaksari, Lawang, Sumber Brantas dan Gunung Pundak.

“Kami imbau semua pendaki masuk melalui pos pendakian dan melakukan registrasi. Sehingga kami bisa memantau dan memberikan imbauan dan larangan selama pendakian,” terang Wahyudi.

Wahyudi menegaskan, para pendaki wajib berpartisipasi dalam upaya pencegahan, pengendalian dan penanggulangan bencana alam. Jika membuat api unggun, pendaki harus memastikan tempat yang ditinggalkan sudah bebas dari api atau bara api yang berpotensi menyebabkan kebakaran

“Jangan membuat api dari kayu hutan dan sampah anorganik dengan alasan apapun,” terang Wahyudi.

Para pendaki juga wajib menjaga kebersihan kawasan dengan tak meninggalkan sampah. Sampah harus dibawa turun dan dilaporkan di pos pendakian.

Demi keselamatan, para pendaki diimbau naik secara berkelompok dan tak memisahkan diri. Para pendaki berjalan seusai jalur yang sudah ditetapkan serta dilarang memotong atau membuat jalur jalur baru.

Para pendaki diminta mendirikan tenda di lokasi yang telah ditentukan. “Jangan memaksakan diri melanjutkan pendakian jika kondisi dan situasi tak memungkinkan baik karena kondisi kesehatan atau cuaca buruk,” lanjut Wahyudi.

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup sejak awal September karena kebakaran. Kebakaran terparah terjadi sejak awal Oktober. Kebakaran silih berganti di sejumlah lokasi selama hampir sebulan. Api akhirnya padam setelah kawasan ini diguyur hujan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>