Jelang Akhir Pekan Rupiah Melemah Rp14.091 per dolar AS


AKTUALITAS.ID – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan menjelang akhir pekan ini. Pasar tampak masih khawatir atas status negosiasi perdagangan antara China dan Amerika Serikat.

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/11), rupiah dibuka di angka 14.100 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.091 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.095 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,02 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.100 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.112 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan diperkirakan terkoreksi yang dipengaruhi sentimen eksternal.

“Dalam perdagangan hari ini rupiah akan melemah karena goncangan eksternal yang terlalu kuat,” kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Dukungan kongres AS pada demonstran di Hong Kong membuat investor berspekulasi akan mempersulit prospek untuk kesepakatan perdagangan AS-China yang akan berlangsung pada bulan ini.

Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan menandatangani undang-undang yang mendukung demonstran di Hong Kong.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>