Pusat Perdagangan Pakaian Bekas di Pasar Tanjung Balai Ludes Terbakar


AKTUALITAS.ID – Pasar TPO di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Balai Utara, Kota Tanjung Balai, Sumut, diamuk si jago merah, Selasa (26/11) sekitar pukul 00.00 WIB. Ratusan kios di lokasi yang menjadi pusat perdagangan pakaian bekas itu ludes terbakar.

Salah seorang pedagang, Birong (44) mengatakan api dengan cepat menyebar, karena barang dagangan yang ada di sana mudah terbakar. “Enggak tahu dari mana asal api itu,” katanya.

Warga bersama petugas yang didukung sejumlah truk pemadam kebakaran milik Pemkot Tanjung Balai berupaya memadamkan api. Sementara sejumlah pedagang berupaya menyelamatkan ballpres (bungkusan besar berisi pakaian bekas) yang belum terbakar.

Namun sejumlah pedagang harus pasrah karena kiosnya sudah terbakar atau berada di tengah kobaran api. “Kios saya ada tiga yang terbakar. Enggak ada barang yang dapat diselamatkan karena kiosnya di tengah” ucap Birong.

Upaya pemadaman cukup sulit dilakukan karena banyaknya barang mudah terbakar di pasar itu. Api dapat dipadamkan saat subuh, namun ratusan kios sudah habis terbakar.

Pasar TPO Tanjung Balai ini sebelumnya juga pernah terbakar pada 24 Januari 2016. Pasar ini cukup dikenal sebagai pusat perdagangan pakaian bekas (warga Medan menyebutnya monza). Pakaian yang dijual di sana berasal dari luar negeri yang masuk melalui jalur laut ke Tanjung Balai.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>