Pameran 30×30 Resmi Dibuka


AKTUALITAS.ID – Puluhan karya seni mengenai kondisi bumi yang kian memprihatinkan terlahir dari 42 perupa resmi dibuka dan dipamerkan di Marto Art Centre di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Selatan Jumat (29/11/2019).

Kepala galery Marto Art Centre, Puguh Tjahyono mengatakan, perhelatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang kian lama kian memperihatinkan.

” Lewat pameran ini kami ingin mengajak masyarakat untuk menyadari lingkungan itu sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan kedepannya bagi umat manusia,” katanya dalam sambutannya, di Marto Art Centre, Jakarta.

Menurutnya, pemanasan global yang terjadi di bumi akan menjadi masalah bagi keberlangsungan hidup. Tidak menutup kemungkinan, kata Punguh, himbauan yang tersirat dalam setiap karya bisa menjadi kenyataan jika kita mengacuhkannya.

Sementara itu, Kasubdit P3D3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sasmita Nugroho mengapresiasi pagelaran 30×30 tersebut. Dirinya juga memandang penting acara seperti ini dilaksanakan terus menerus, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dari dunia seni.

” Saya sangat mengapresiasi acara ini. Pameran ini sangat bagus sekali, saya pribadi baru menemui identitas seperti ini. Karena biasanya kita selalu sama penyanyi dalam kampanye lingkungan, kali ini dengan perupa,” bebernya.

Sasmita juga mengucapkan terima kasih dengan para perupa yang berpartisipasi dalam pameran 30×30 tersebut.

” Terima kasih sudah bisa berkomunikasi dengan perupa yang ada disini. Dan saya minta acara seperti ini selalu ada,” tungkasnya

Dari data Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan, kita hanya puny 10 tahun kedepan sebelum malapetaka datang menimpa bumi. Pada tahun 2030 diperkirakan sejumlah wilayah akan mengalami bencana ekstrim, sebagai akibat dari menikatnya emisi karbon dan pemanasan global. [Kiki Budi Hartawan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>