Kongres PAN, Viva Sebut Sangat Bijak Jika Pak Amien Netral


AKTUALITAS.ID – Jelang pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pada Kongres nanti, restu Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais disebut akan menjadi sesuatu yang diperebutkan oleh para calon ketua umum. Namun, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi berharap Amien netral dalam kontestasi tersebut.

“Sangat bijak jika Pak Amien tak memihak. Pak Amien ditempatkan sebagai wasit yang melihat seluruh kadernya,” ujar Viva saat dikonfirmasi, Ahad (12/1).

Ia tak bisa menampik bahwa Amien Rais merupakan sosok yang berpengaruh dalam partainya. Sebab, ialah yang mendirikan PAN pada era reformasi.

Namun, pemilihan Ketua Umum PAN ia serahkan sepenuhnya kepada kader yang memiliki suara dalam Kongres 2020 nanti. Termasuk, arah politik dari mantan Ketua MPR itu.

“Ada pengaruhnya (Amien Rais). Tapi, semua tergantung pada kader PAN yang memilih (ketua umum) nanti. Seberapa pengaruhnya Pak Amien, saya tak bisa menjawab,” ujar Viva.

Diketahui, situasi internal PAN mulai memanas jelang pemilihan ketua umum partai berlambang matahari itu. Restu Amien Rais disebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kursi nomor satu di partai tersebut. Meskipun saat ini, ia terlihat sering hadir dalam setiap kegiatan yang digelar oleh salah satu caketum, Mulfachri Harahap.

Saat ini sudah ada empat nama yang menyatakan maju dalam kontestasi. Keempatnya, yaitu mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap.

Serta, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo. Serta, pejawat Ketua Umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan.


slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>