Agama Musuh Pancasila, GP Ansor Kritik Kepala BPIP


Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat pembukaan Rakornas Banser

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengkritik pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, yang menyebut musuh Pancasila adalah agama. Dia menilai dengan pernyataan itu, Yudian justru telah membenturkan Pancasila dengan agama.

“Pernyataan Kepala BPIP Pak Yudian Wahyudi tersebut terkesan membenturkan agama dengan Pancasila,” ucap Yaqut Cholil melalui keterangan tertulis, Rabu (12/2/2020).

Menurut dia, Pancasila merupakan titik temu antar agama yang ada dan ragam identitas lainnya. Kelahiran dan disepakatinya Pancasila sebagai dasar negara dan perekat berbagai macam perbedaan di Indonesia juga sudah melalui perjalanan panjang dan pelbagai pertimbangan.

“Saya yakin Pancasila ini adalah kalimatun sawa’ alias titik temu antar suku, agama, etnis, ras, atau ragam identitas lainnya,” ucap dia.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, menilai menjaga Pancasila adalah dalam rangka menegakkan agama yang penuh kasih sayang sekaligus adil bagi semua. Pancasila selama ini diterima sebagai jalan kemaslahatan hidup berbangsa dan mampu menengahi berbagai macam perbedaan.

Jika kemudian agama dan Pancasila dibenturkan maka Pancasila akhirnya dijadikan musuh bersama.

“Kalau agama jadi musuh terbesar Pancasila, sama saja kelompok-kelompok radikal yang anti-Pancasila mendapat justifikasi,” simpul dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>