Resahkan Warga, Buaya 4 Meter di Mamuju Tengah Kembali Ditangkap


Ilustrasi Kondisi buaya yang berhasil ditangkap oleh warga

AKTUALITAS.ID – Seekor buaya sungai berukuran 4 meter menggegerkan warga di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat. Buaya yang meresahkan itu akhirnya ditangkap warga.

Buaya tersebut kerap terlihat di Sungai Budong-Budong, tempat sejumlah warga di daerah ini menggantungkan hidup dari hasil mencari ikan air tawar.

“Disengaja memang ditangkap karena meresahkan masyarakat. Walau ukuran buaya masih kecil, namun bisa melukai, khususnya warga yang kerap mencari ikan di sungai ” kata salah seorang tokoh masyarakat, Ramli, Kamis (20/2/2020).

Menurut Ramli, buaya itu berhasil ditangkap dengan melibatkan seorang pawang, dibantu sejumlah warga Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, Rabu, 19 Februari 2020. “Makanya warga langsung datangkan pawang agar buaya ini dapat segera ditangkap ” ujarnya.

Namun malang, hanya beberapa jam setelah tertangkap, buaya yang diamankan dalam kolam kecil milik warga setempat itu akhirnya mati. Kurangnya pemahaman warga terkait penanganan buaya yang tertangkap diduga menjadi penyebab kematian buaya.

Untuk menghindari bau busuk dan agar kulit buaya tidak menjadi rebutan, bangkai buaya langsung dikuburkan. Dibutuhkan sedikitnya enam pria dewasa untuk memikul bangkai buaya yang bobotnya diperkirakan mencapai 300 kilogram tersebut ke lokasi penguburan,

“Ini yang jadi permasalahannya, bagaimana tindak lanjut ini buaya, apalagi sudah mati, makanya kita tanam berdasarkan keputusan masyarakat, takutnya jangan sampai persoalan ini menjadi viral lagi, ” tandas Ramli.

Warga berharap pemerintah menyiapkan lokasi penangkaran dan membekali warga pengetahuan terkait penanganan buaya agar setiap buaya yang ditangkap warga di Sungai Budong-Budong dapat diselamatkan dan diamankan di tempat yang tidak berbahaya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>