Dalam Sehari ada 36 Kasus Baru Virus Corona dan 1.367 Kasus Tanpa Gejala di China


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Otoritas kesehatan China melaporkan 36 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari, dengan sebagian besar kasus impor. Laporan otoritas kesehatan China juga mengumumkan untuk pertama kalinya total 1.367 kasus virus Corona tanpa gejala di wilayahnya.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua News Agency dan AFP, Rabu (1/4/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dalam laporan terbaru mengumumkan 130 kasus baru virus Corona tanpa gejala (asymptomatic) di wilayah China daratan.

Dari jumlah itu, sekitar 47 kasus tanpa gejala dilaporkan ada di Provinsi Hubei, yang menjadi lokasi kota Wuhan – titik nol pandemi virus Corona.

Secara total, NHC menyebut sejauh ini ada 1.367 kasus tanpa gejala yang ada di bawah pengawasan medis di wilayah China daratan.

Kasus tanpa gejala dilaporkan otoritas China untuk meredam kekhawatiran publik soal penularan virus Corona tanpa disadari. Ada banyak laporan ke pemerintah yang meminta pemerintah mengungkap jumlah kasus tanpa gejala, setelah terungkap satu pasien wanita di Provinsi Henan menjadi kontak dekat dari tiga kasus tanpa gejala.

Dalam laporannya, NHC juga melaporkan bahwa 36 kasus baru virus Corona terdiri atas satu kasus domestik — penularan lokal — yang muncul di Provinsi Guangdong dan 35 kasus kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri dan datang ke China.

Satu kasus impor ini datang dari Inggris dan muncul di kota Wuhan. Untuk pertama kalinya, kota Wuhan melaporkan kasus impor setelah selama tujuh hari berturut-turut melaporkan nol kasus baru. Total kasus impor di China daratan kini mencapai 806 kasus.

Sejauh ini, ada 81.554 kasus virus Corona yang terkonfirmasi di wilayah China daratan. Namun sayangnya, kasus tanpa gejala tidak dimasukkan ke dalam jumlah total kasus, kecuali pasien tanpa gejala itu menunjukkan gejala klinis. Selama ini, data kasus tanpa gejala tidak dipublikasi ke publik oleh otoritas China.

Sementara itu, NHC melaporkan tujuh kematian baru dalam sehari, dengan enam orang meninggal di Provinsi Hubei dan satu orang meninggal di Shanghai. Total jumlah korban meninggal akibat virus Corona di China daratan mencapai 3.312 orang.

Sedikitnya 186 pasien dipulangkan dari rumah sakit sepanjang Selasa (31/3) waktu setempat. Secara keseluruhan, sudah 76.238 pasien virus Corona yang dipulangkan setelah dinyatakan sembuh. Sekitar 2.004 pasien lainnya masih menjalani perawatan medis. Dilaporkan juga bahwa sekitar 20.314 kontak dekat (close contact) masih ada di bawah pengawasan medis.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>