Tiga Hari Dirawat di ICU, Kondisi PM Inggris Membaik


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Foto: AP Photo/Matt Dunham

Kondisi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilaporkan mulai membaik pada Rabu (8/4/2020). Johnson saat ini menghabiskan malam ketiga di ruang perawatan intensif (ICU) RS St Thomas untuk melawan virus corona.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak mengatakan kondisi Johnson saat ini mulai membaik dan tubuhnya telah merespons pengobatan yang diberikan tim medis.

“Yang terbaru dari rumah sakit adalah bahwa kondisi perdana menteri saat ini masih berada di ICU dan kondisinya membaik,” ujar Sunak seperti mengutip AFP.

“Dia sudah bisa duduk di tempat tidur dan merespons tim medis yang merawatnya,” ujarnya menambahkan.

Senada, juru bicara resmi Johnson mengatakan kondisinya saat ini stabil dan telah mengalami peningkatan setelah mendapat perawatan intensif dari dokter.

Pria berusia 55 tahun itu dipindahkan ke ICU pada Senin (6/4) karena kondisinya sempat memburuk. Memasuki hari kedua Johnson sempat menggunakan bantuan oksigen untuk bernapas.

Sehari sebelumnya pada Minggu (5/4) ia dirawat di rumah sakit setelah tes kedua yang dijalaninnya menyatakan ia positif terinfeksi virus corona. Sebelumnya pada 27 Maret lalu ia menjalani isolasi mendiri di rumah karena memiliki gejala ringan terinveksi Covid-19.

Pemerintah Inggris telah mengumumkan untuk menutup wilayah (lockdown) sejak 23 Maret lalu selama tiga pekan ke depan untuk menekan penularan virus corona.

Data yang dirilis John Hopkins University hingga saat ini ada 61.474 pasien positif virus corona. Sekitar 329.329 orang dinyatakan sembuh dan 88.415 meninggal.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>