Update Corona di Sumsel 25 April: 119 Positif, 10 Sembuh, 3 Meninggal


Ilustrasi Rapid Test , Istimewa

AKTUALITAS.ID – Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan mengonfirmasi adanya penambahan 13 kasus positif virus corona (Covid-19) pada hari ini, Sabtu, (25/4/2020). Dari ke-13 pasien baru tersebut, mayoritas berasal dari Kota Palembang.

Dengan adanya penambahan itu, secara kumulatif kasus positif virus corona di Bumi Sriwijaya kini berjumlah 119 orang, dengan tiga di antaranya meninggal dunia. Sementara jumlah pasien sembuh mencapai sepuluh orang.

“Dari sekian banyak penambahan kasus baru, 70 persen di antaranya berasal dari orang tanpa gejala (OTG). Karena setelah kami telusuri, ternyata sebagian besar mempunyai kontak erat dengan pasien sebelumnya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri.

Menurut Yusri, sebagian besar fisik OTG terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala positif baru terlihat setelah 14 hari pasca kontak dengan pasien sebelumnya.

“Orang tanpa gejala itu sehat, ngobrol seperti biasa dengan kita, kemudian kita anggap biasa. Inilah salah satu membuat jumlah kasus kian menambah,” katanya.

Yusri mengatakan cara terbaik untuk menghadapi OTG, ialah agar masyarakat selalu menggunakan masker jika keluar rumah, dan jangan keluar rumah jika tidak benar-benar penting.

“Pakailah selalu masker di manapun kalian berada. Cucilah tangan memakai sabun di air mengalir, perkuat imunitas tubuh, karena saat ini virus ini belum ada obatnya,” katanya.

Tak hanya itu, kata Yusri, dari sekian banyak penambahan kasus positif corona, sebagian besar penularannya melalui transmisi lokal. “Jadi 13 pasien positif baru hari ini kasus transmisi lokal, sepuluh orang dari Palembang, satu dari Banyuasin, satu dari Muratara dan satu orang lainnya dari OKU,” ujarnya.

Di tengah jumlah kasus yang bertambah, Yusri juga turut menyampaikan kabar baik yaitu adanya penambahan lima orang pasien positif corona yang kini dinyatakan sembuh. Total pasien positif corona sembuh, empat di antaranya berasal dari Palembang dan enam orang lainnya dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). “Untuk kasus pasien yang meninggal tetap tiga orang,” katanya.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.368. Telah selesai pemantauan 2.126 orang dan masih dalam pemantauan 1.242 orang. Sedangkan untuk jumlah kasus pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 154 orang. Telah selesai pengawasan 91 orang dan masih dalam proses pengawasan 63 orang.

“Jumlah sampel 535, OTG 316, PDP 69 dan ODP 50 sampel. Jumlah positif 119, negatif 139 dan masih dalam proses 277 sampel,” katanya.

Berikut 13 pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera Selatan hari ini:

  • Kasus 107 (39 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 108 (40 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 109 (23 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 110 (31 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 111 (25 tahun), perempuan, asal Banyuasin, status penularan lokal.
  • Kasus 112 (32 tahun), laki-laki, asal Muratara, status penularan lokal.
  • Kasus 113 (9 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 114 (28 tahun), perempuan, asal Palembang, status penularan lokal.
  • Kasus 115 (25 tahun), perempuan, asal Palembang status penularan lokal.
  • Kasus 116 (46 tahun), perempuan, asal Palembang status penularan lokal.
  • Kasus 117 (30 tahun), laki-laki, asal Palembang status penularan lokal.
  • Kasus 118 (24 tahun), perempuan, asal Palembang status penularan lokal.
  • Kasus 119 (24 tahun), laki-laki, asal OKU status penularan lokal.
slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>