WhatsApp Klaim Penyebaran Pesan Viral Makin Berkurang


AKTUALITAS.ID – WhatsApp mengklaim bahwa penyebaran pesan yang viral di platform pesan instan populer tersebut semakin berkurang berkat pembaruan fitur penerus pesan, forward.

“Baru-baru ini kami telah memperkenalkan pembatasan untuk mengirimkan ‘pesan yang banyak diteruskan’ menjadi hanya ke satu obrolan. Sejak memberikan batasan, ada pengurangan 70 persen jumlah pesan yang banyak diteruskan lewat WhatsApp,” kata juru bicara WhatsApp, seperti dilansir TechCrunch.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp telah memberi pembatasan hanya bisa meneruskan pesan ke satu obrolan (chat) dalam sekali waktu. Pesan yang diteruskan ditandai dengan ikon dua tanda panah di bagian atas.

Sebelumnya, WhatsApp pun sudah membatasi fitur meneruskan pesan, sejak 2008, menjadi hanya bisa mengirim ke lima orang dalam sekali kirim. Pembatasan tersebut mampu menurunkan pesan yang viral sebanyak 25 persen dalam dua tahun, secara global.

“Perubahan ini membantu menjadikan WhatsApp tempat percakapan yang personal dan privat. WhatsApp berkomitmen melakukan bagian kami untuk mengatasi pesan yang viral,” kata WhatsApp.

WhatsApp, bertepatan dengan pembatasan fitur forward ke satu orang beberapa waktu lalu, menyatakan pesan yang viral tidak selalu bersifat buruk, namun, berpotensi mengandung misinformasi jika terlalu banyak diteruskan.

Platform milik Facebook Inc tersebut mengaku peningkatan pesan yang diteruskan naik tajam sebelum pembatasan, bertepatan dengan pandemi virus corona di berbagai negara.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>