Cagub Olly Dondokambey Pastikan Petani Gagal Panen Terima Asuransi


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) menyerahkan Dasa Prasetya PDI Perjuangan kepada Bakal Calon Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kedua kiri) saat acara pengumuman nama-nama calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung dalam Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020). PDI Perjuangan secara resmi mengumumkan 49 pasangan calon untuk diusung dalam Pilkada tahun 2020. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Calon Gubernur (Petahana) Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melakukan sejumlah agenda di masa kampanye pertama. Sebelum menemui para petani di Tomohon, ia menyempatkan menghadiri panen raya padi Superwin di Desa Touliang, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa.

Dalam kesempatan tersebut, Olly memastikan para petani yang gagal panen akan menerima asuransi. Program itu disebut sudah berjalan dengan 5.000 petani penerima.

Ia juga memberi ilmu strategi tanam kepada petani yang mempertanyakan tentang kesejahteraan pekerja buruh harian, fasilitas irigasi, serta pembagian pupuk subsidi. Selain saran untuk menanam pora, jenis umbi-umbian yang mahal dijual di Jepang, Olly mengungkapkan bahwa penting memiliki status pekerjaan sebagai petani di Kartu Tanda Penduduk untuk mendapat bantuan pemerintah.

“Lini ekspor saat ini bisa membuat potensi pertanian lebih baik,” kata Olly.

Sebelumnya kala mengikuti kegiatan panen raya, Olly menyambut gembira panen raya ini, yang menghasilkan 22,4 ton gabah padi basah dari lahan seluas dua hektare. Ia memprediksi petani bisa memperoleh penghasilan sampai Rp20 juta dari enam ton beras jenis Superwin.

Koordinator kelompok petani Minahasa yang beranggotakan 500 orang Steven menyebut, pihaknya menggarap sekitar 430 hektare. Menurutnya pada minggu depan, akan dipanen 80 hektare gabah bakal padi di Kakas, Minahasa.

Selain mengoperasikan mesin traktor pemangkas padi, Olly juga berdialog dan mendengar keluhan para petani setempat. Tak lupa ia mengingatkan petani dan warga yang hadir untuk tak termakan janji politik dan cermat memilih dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2020 yang digelar serentak jelang akhir tahun.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>