Dugaan Korupsi, KPK Periksa Sejumlah Pejabat Pemkab Jember


kpk, korupsi,
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur. Pemeriksaan itu dilakukan setelah lembaga antirasuah menerima laporan masyarakat soal dugaan korupsi.

“Benar KPK ada kegiatan di Jember menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya dugaan korupsi,” kata Plt Juru bicara KPK Ali Fikri, dikutip dari Antara, Kamis (15/10/2020).

Ali tak merinci identitas pejabat yang diperiksa KPK. Namun, ia memastikan timnya akan meminta keterangan beberapa pihak di Pemkab Jembar.

“Karena masih proses penyelidikan maka mengenai materinya saat ini belum bisa kami sampaikan dan nanti pada waktunya akan kami informasikan lebih lanjut perkembangannya,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi awak media, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jember Abdul Muqit Arief membenarkan soal pejabat Pemkab Jember yang dimintai keterangan KPK di Surabaya.

“Setahu saya yang mengajukan izin baru Pak Sekretaris Daerah Mirfano, namun saya tidak mengetahui siapa saja pejabat yang dimintai keterangan KPK,” katanya.

Menurutnya, undangan pemeriksaan tersebut biasanya dikirim langsung kepada pejabat yang bersangkutan terkait dengan dugaan penyelidikan kasus korupsi.

Lebih lanjut, Abdul mengaku tidak mengetahui program pemkab yang terkait pemeriksaan tersebut. Pasalnya, ia tidak menerima pemberitahuan langsung dari KPK.

“Saya tidak mengetahui penyelidikan yang dilakukan oleh KPK membidik program apa dan tahun anggaran yang mana,” jelasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>