PSI Sampaikan Pandangan Umum, Anggota DPRD DKI Wolk Out


DPRD DKI JAKARTA

AKTUALITAS.ID – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapat sambutan kurang menyenangkan saat menyampaikan pandangan umum fraksi terkait Raperda perubahan tentang Rencana Detil Tata Ruang dan Peraturan Zonasi. Hampir seluruh fraksi di dalam ruang rapat paripurna meninggalkan ruangan saat PSI menyampaikan pandangannya.

Wakil Ketua DPRD Mohammad Taufik mengatakan, sikap tersebut spontan dilakukan oleh fraksi. Sebab, fraksi ingin memberi koreksi kepada PSI agar tegas dalam memberikan sikap terkait kebijakan yang melibatkan eksekutif dan legislatif.

“Saya kira ini bagian dari koreksi, karena fraksi itu kepanjangan tangan partai, mestinya suara fraksi adalah suara partai. Jangan fraksinya bersuara A kemudian partainya bersuara B. Akhirnya mana yang dipegang,” ucap Taufik di gedung DPRD DKI, Senin (14/12/2020).

Politikus Gerindra itu juga mengingatkan, agar seluruh fraksi di DPRD konsisten dan satu suara untuk menanggapi satu rancangan kebijakan.

Aksi walk out dari ruang rapat paripurna diawali dari anggota fraksi Golkar Jamaludin. Meski ia menegaskan tindakan walk out merupakan sikap pribadi tanpa mewakili fraksi, nyatanya seluruh fraksi sepakat dengan sikap Jamaludin.

Diakui Jamaludin sikap tidak ramahnya terhadap PSI masih berkaitan dengan rencana kegiatan tahunan (RKT) DPRD pada 2021. PSI, imbuhnya, bersikap tidak konsisten.

“Jadi begini RKT itu sesuatu yang sudah diputuskan secara kolektif sudah diputuskan, karena apa pun yang kita bilang benar selama itu sudah banyak bilang benar dia ikut menyatakan benar walaupun dia bilang tidak benar, tapi ini tidak ada yang namanya sikap menolak dari dia. Dia sudah menandatangani absensi daftar hadir tidak menyatakan keberatan ketika ditanya, tiba-tiba hal ini dibantah oleh DPW nya,” ujar Jamaludin.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>