Awal Tahun 2021, Pulau Batam Dikepung Banjir


Sejumlah mobil terendam banjir di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan akibat cuaca buruk dan hujan deras pada 1-3 Januari 2021, banjir terjadi di sejumlah penjuru pulau utama kota kepulauan itu.

“Se-kota Batam banjir semua,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai rapat penanganan banjir di Batam, seperti diberitakan Antara, Senin (4/1/2020).

Menurut dia, banjir yang terjadi awal tahun 2021 itu disebabkan sampah yang menumpuk di drainase dan hujan lebat terus menerus selama dua hari.

“Hari ini ada dua masalah, drainase cukup tapi dipenuhi sampah dan kedua air yang turun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Sosial Kota Batam, Leo Putra menyatakan hampir semua kecamatan terjadi bencana akibat cuaca buruk.

“Rata-rata ada di setiap kecamatan, laporan lurah dan camat banyak,” kata Leo.

Namun, kata dia, sebagian besar musibah itu bisa ditangani camat dan lurah, karena memang banjir terjadi singkat, air cepat surut kembali.

Pihaknya menyiapkan dapur umum ke lokasi musibah. Dan apabila tidak memungkinkan mendirikan dapur umum, maka pihaknya mengirimkan nasi bungkus untuk makanan warga selama berada di lokasi evakuasi.

Dari berbagai kejadian banjir, ia mencatat dua yang paling besar yaitu delapan rumah hancur dan 15 lainnya rusak berat akibat dihantam ombak tinggi di Batumerah.

Kemudian banjir yang menimpa 49 kepala keluarga atau 150 jiwa di Batuaji.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>