Redam Kasus Covid-19, PAN Dukung Jakarta Berlakukan Lockdown Akhir Pekan


Anggota fraksi PAN Lukmanul Hakim, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta mendukung usulan lockdown akhir pekan. Anggota fraksi PAN Lukmanul Hakim, menilai perlu ada terobosan untuk meredam kasus positif Covid-19 di ibukota yang terus melonjak.

“Mohon diperhatikan, per kemarin ada 3.567 kasus positif baru di DKI. Jadi totalnya sudah lebih 280 ribu kasus. Tidak akan selesai kalau begini-begini saja. Harus ada terobosan aturan,” kata Lukmanul, Kamis (4/2/2021).

Anggota Komisi A DPRD DKI itu berpandangan, lockdown akhir pekan lebih efektif dibanding kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dianggap tidak efektif. Ini bahkan sudah diakui sendiri oleh Presiden Joko Widodo.

Belajar dari pengalaman PPKM, Lukmanul meminta agar lockdown akhir pekan disertai dengan penegakan hukum yang lebih tegas.

“Pokoknya harus tegas, selama Sabtu-Minggu, warga tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak. Ini penting, karena weekend memang periode yang paling tinggi mobilitas warganya,” tambahnya.

Meski sudah ada lockdown akhir pekan, tapi PPKM atau PSBB di Jakarta harus diteruskan. Sehingga keduanya bisa saling melengkapi dan mencapai sasaran yang diinginkan.

“PSBB harus tetap ada. Jadi di hari kerja masyarakat dibatasi dengan PSBB, Sabtu-Minggu tambah diperketat lagi dengan lockdown akhir pekan,” imbuh Lukman.

Seperti diketahui, wacana lockdown akhir pekan yang pertamakali digagas oleh fraksi PAN di DPR semakin menguat. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berjanji Pemprov DKI akan mengkaji opsi ini, sambil berkordinasi dengan pemerintah pusat.

“Nanti Pak Gubernur juga memimpin rapat-rapat internal apakah usulan dari DPR (untuk lockdown) dimungkinkan,” kata Riza Selasa (2/2).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>