Militer Korsel Tangkap Warga Korut Saat Melintas DMZ


Perbatasan Korea Utara dan Selatan di Desan Panmunjom (AP/Ahn Young-joon)

Militer Korea Selatan mengatakan menangkap seorang warga Korea Utara yang melintasi zona demiliterisasi (DMZ) atau perbatasan kedua negara pada Selasa (16/2).

Warga Korut tersebut diperkirakan ingin membelot ke Korsel.

Kepala Staf Gabungan Militer Korsel (JCS) menuturkan warga Korut tersebut ditemukan di dekat pos pemeriksaan sisi timur DMZ. Penemuan pria itu memicu militer Korsel melakukan operasi pencarian darurat.

“Kami telah menahan individu tak dikenal itu dan sedang melakukan penyelidikan,” kata JCS melalui sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Dugaan pembelotan ini merupakan yang terbaru terutama di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Selain itu, relasi Korea Utara dan Korea Selatan yang memburuk juga turut memicu penurunan jumlah pembelotan.

Pada Juli 2020, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, mengumumkan keadaan darurat dan menutup kota perbatasan setelah seorang dengan gejala Covid-19 melintasi perbatasan dari Korea Selatan ke Korea Utara secara ilegal.

Sekitar 200 warga Korea Utara membelot ke Korea Selatan pada 2020. Jumlah ini turun 80 persen dari 2019 kata Menteri Unifikasi Korea Selatan, Lee In-young.

Pembelotan terakhir yang diketahui publik terjadi pada November 2020 ketika seorang pria Korea Utara menerobos masuk perbatasan Korea Selatan dari timur DMZ.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>