Kehadiran Malaikat dalam Perang Badar dan Misi Mereka


Perang yang membuktikan ampuhnya kekuatan doa dan keyakinan. Foto/Ilustrasi/Ist

Perang Badar merupakan konfrontasi fisik terbesar pertama di Madinah antara umat Islam melawan orang-orang kafir.

Dalam peperangan ini, umat Islam meraih kemenangan gemilang. Dan ternyata, di antara rahasia kemenangan ini adalah Allah SWT mengutus bala tentara dari kalangan malaikat. Allah SWT berfirman:

إِذْ يُوحِي رَبُّكَ إِلَى الْمَلَائِكَةِ أَنِّي مَعَكُمْ فَثَبِّتُوا الَّذِينَ آمَنُوا ۚ سَأُلْقِي فِي قُلُوبِ الَّذِينَ كَفَرُوا الرُّعْبَ فَاضْرِبُوا فَوْقَ الْأَعْنَاقِ وَاضْرِبُوا مِنْهُمْ كُلَّ بَنَانٍ

“Ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang telah beriman.’ Kelak akan Aku berikan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka pukullah di atas leher mereka dan pukullah tiap-tiap ujung jari mereka.” (QS Al-Anfal: 12)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah SWT menyertai para Malaikat dengan dukungan dan bantuan. Dan para malaikat bersama orang-orang beriman yang berperang di jalan Allah SWT. Sekaligus juga menebarkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir.

Merujuk pada hal itulah, para malaikat diturunkan untuk membantu kaum Muslimin pada Perang Badar. Allah SWT memberi perintah kepada para Malaikat untuk memukul leher orang-orang musyrik. Ayat tersebut menunjukkan, bahwa para malaikat benar-benar berperang bersama orang-orang beriman saat menghadapi orang-orang musyrik.

Tugas khusus tersebut, dari Allah SWT kepada para malaikat, tentu meniscayakan adanya keahlian yang tinggi selama pertempuran di medan perang dan kekuatan supranatural yang melebihi kemampuan manusia.

Dalam Perang Badar ini, tak sedikit para sahabat yang ragu saat menghadapi kaum kafir Quraisy karena telah dikenal jago berperang. Mengetahui hal ini, Rasulullah SAW tak henti-hentinya berdoa meminta pertolongan kepada Allah SWT agar bisa meraih kemenangan. Allah SWT berfirman:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ

“Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu. lalu diperkenankan-Nya bagimu, ‘Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.'” (Al-Anfal: 9)

Pada awalnya pasukan Muslim melawan kafir Quraisy dengan cara bertahan, lalu setelah Nabi SAW melihat para Malaikat turun untuk membantu, beliau pun mengubah strategi.

Dengan langsung mengeluarkan perintah untuk melakukan serangan balasan. Sampai akhirnya, sejarah mencatat kaum kafir Quraisy mengalami kekalahan dari kaum Muslim.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>