Ngabalin: Pekan ini Jokowi akan Lantik Dua Menteri Baru


AKTUALITAS.ID – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan melantik dua menteri baru pekan ini. Dua menteri tersebut adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) dan Menteri Investasi.

Ngabalin mengatakan Menteri Investasi akan merangkap sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Presiden insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri DIKBUD/RISTEK (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM,” kata Ngabalin dalam akun twitter pribadinya @AliNgabalinNew, Rabu (14/4/2021).

Namun, Ngabalin tidak menyebutkan lagi dua calon menteri yang akan dilantik Jokowi. Perombakan kabinet ini menyusul perubahan nomenklatur kementerian yaitu peleburan Kemenristek ke dalam Kemendikbud dan pembentukan Kementerian Investasi.

Nama Kepala BKPM Bahlil Lahadalia itu digadang-gadang mengisi kursi Menteri Investasi. Ngabalin bilang kinerja Bahlil luar biasa dan sukses memasukkan investasi ke dalam negeri.

Ngabalin mengaku juga tidak tahu apakah posisi Nadiem Makarim di Kemendikbud aman. Keputusan soal otak-atik menteri berada di tangan Jokowi.

“Adakah menteri” lain yg akan di lantik, kapan&siapa para beliau itu? Wallahu’alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden&kita tunggu saja.#KabinetIndonesiaMaju,” ujar dia.

Sebelumnya, Ngabalin menuturkan, kemungkinan reshuffle kabinet itu bisa dilakukan Jokowi pada pekan ini supaya bisa cepat bekerja.

“Mudah-mudahan pada pekan ini. Supaya cepat orang bisa bekerja dan tidak ada aral melintang” ujar Ngabalin ketika dihubungi.

Namun, Ngabalin bilang semua kembali kepada keputusan Presiden Jokowi. Ia bilang, Jokowi tidak akan kesulitan menentukan siapa bawahannya.

“Presiden paling tahu. Tidak ada kesulitan bagi Pak Jokowi untuk menentukan bawahannya atau menterinya nanti,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>