Pascapenembakan Kabinda, Polri Tak Tambah Kekuatan di Papua


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Mabes Polri tidak memberikan penebalan kekuatan ke wilayah Papua pascapenembakan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha pada Minggu (25/4).

“Sementara tidak, karena di sana selain kegiatan-kegiatan maupun operasi yang dilakukan oleh Polda Papua khusus Polri, Polri juga menggelar Operasi Nemangkawi 2021,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Dia menjelaskan kini pihaknya masih fokus dalam melakukan pengejaran terhadap anggota KKB yang terlibat dalam beberapa aksi serangan belakangan ini.

Rusdi memastikan situasi keamanan di wilayah Papua sudah dapat diatasi dan kondusif.

“Tentunya aparat keamanan TNI-Polri terus bekerja secara optimal melakukan pengejaran, penangkapan, terhadap kelompok kriminal bersenjata,” kata Rusdi.

“Tentunya itu menjadi hal yang akan diperhatikan oleh aparat keamanan di sana, setelah banyak korban kemarin beberapa hari kebelakang,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigadir Jenderal l Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas dalam baku tembak dengan kelompok OPM di pada Minggu (25/4).

Putu terlibat kontak tembak ketika tengah melakukan observasi lapangan bersama sejumlah anggotanya di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Dia turun langsung lantaran ingin mengetahui kondisi terkini untuk menunjang misi pemulihan keamanan.

Jarak Kampung Dambet dengan Beoga sekitar tiga kilometer dan merupakan kampung terakhir yang dilaporkan diserang KKB. Diketahui, wilayah tersebut terjadi pembakaran gedung sekolah dan penembakan guru hingga tewas beberapa waktu lalu dilakukan KKB.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>