Amien Rais Ingatkan Jokowi Jangan Sampai Berakhir Kurang Elegan


Amien Rais, Foto/Ist

AKTUALITAS.ID – Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais mewanti-wanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap potensi pemerintahan yang boleh jadi bakal berakhir kurang elegan. Pernyataan ini dia sampaikan dalam acara bertajuk ‘Merawat Reformasi’ yang digelar virtual pada Kamis (20/5/2021) malam.

Awalnya, Amien menyinggung soal KKN–kependekan dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme–yang pada masa sekarang dinilainya lebih parah dibanding saat era Orde Baru. Menurut Amien, kondisi tersebut terbukti dari tindakan korupsi yang masih merajalela, akan tetapi di sisi lain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru dilemahkan.

“Korupsi masih luar biasa, malah KPK dipreteli kemampuannya. Kolusi juga penguasa-penguasa itu sudah menjadi sangat kuat, bahkan pengusaha mendikte penguasa. Bisnis mendikte politik. Nepotisme juga nggak ketulungan. Anak Pak Jokowi jadi wali kota, tanpa ada resistensi, yang menantunya juga, luar biasa,” tutur Amien.

Selain permasalahan KKN, mantan Ketua MPR tersebut juga menyentil situasi Indonesia akhir-akhir ini diperparah dengan kondisi kedaulatan politik dan ekonomi yang menurutnya hanya sebatas di atas kertas.

“Jadi sekarang saya enggak berlebihan kalau mengatakan bahwa kekuasaan politik sudah dipegang, digenggam oleh kekuasaan bisnis dan kemudian politik menurut kemauan para businessman itu. Oligarki yang sontoloyo itu,” ucap Amien.

Menurut dia, fenomena oligarki ekonomi yang mampu mendikte kekuatan politik adalah kondisi yang berbahaya. Itu sebab, pada masa jabatan Jokowi yang masih sekitar tiga tahun ini dia meminta presiden untuk memikirkan fenomena yang diungkapnya tersebut.

“Kepada Pak Jokowi, masih 3 tahun lagi, mohon panjenengan, dipikir lebih dalam lagi, karena kita melihat Pak Harto 32 tahun, akhirnya juga kemudian lengser, kemudian kita sebagai manusia kasihan. Bung Karno apalagi, pemimpin besar revolusi 9 tahun berkuasa juga kita tahu akhirnya seperti itu. Kemudian jangan sampai Pak Jokowi berakhir kurang elegan lah,” pungkas Amien.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>