Jalankan Misi Rutin, Kapal Perang AS USS Ronald Reagen Memasuki Laut China Selatan


Kapal induk USS Ronald Reagan tempat ratusan pelaut mengklaim telah terpapar radiasi yang diakibatkan rusaknya PLTN Fukushima, Jepang.(Reuters via Telegraph)

Armada kapal perang Amerika Serikat yang dipimpin USS Ronald Regen memasuki Laut China Selatan untuk menjalankan misi rutin. Demikian dikatakan Angkatan Laut AS hari ini. Kejadian ini berlangsung di tengah ketegangan antara Washington dan Beijing di wilayah perairan sengketa beberapa negara.

China kerap mengatakan misi militer AS di Laut China Selatan tidak mencerminkan perdamaian dan stabilitas. Pengumuman AL AS ini juga disampaikan setelah China mengecam pertemuan kelompok negara kaya G7 yang mengkritik China atas berbagai isu.

“Di Laut China Selatan, pasukan penyerang menggelar operasi keamanan maritim, termasuk operasi penerbangan dengan pesawat, latihan penyerangan maritim, dan pelatihan taktis terkoordinasi antara pasukan laut dan udara,” kata Angkatan Laut AS, seperti dilansir laman Al Arabiya, Selasa (15/6).

“Operasi kapal induk di Luat China Selatan adalah bagian dari kegiatan rutin AS di Indo-Pacific.”

USS Ronald Reagen didampingi juga oleh USS Shiloh kapal peluncur rudal dan USS Halsey kapal dengan kekuatan rudal penghancur.

China dalam beberapa tahun terakhir meningkatkan aktivitas militernya di Laut China Selatan, termasuk membangun pulau buatan sebagai pangkalan militer dan udara.

Sengketa Laut China Selatan menjadi salah satu dari isu yang membuat hubungan AS-China memanas. Washington menyebut klaim Beijing atas wilayah yang kaya sumber daya alam itu tidak sah.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>