Wamenkes Akui Kebutuhan Oksigen untuk Pasien Covid-19 Meningkat Pesat


Tabung Oksigen@Istimewa

AKTUALITAS.ID – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono megakui kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19 meningkat pesat. Sebelumnya kata dia kebutuhan oksigen mencapai 400 ton per hari.

“Dengan adanya peningkatan secara eksponensial pada kasus-kasus Covid-19 belakangan ini, maka kebutuhan oksigennya menjadi lima kali lipat,” kata Dante dalam konferensi pers evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Walaupun demikian pihak Kemenkes telah membuat antisipasi. Yaitu dengan oksigen yang semula digunakan untuk penggunaan industri dialokasikan untuk kebutuhan medis. Kini, 90 persen oksigen sudah dialokasikan untuk kebutuhan medis.

Distribusi dilakukan juga berdasarkan input data lewat situs sirs.kemkes.go.id. Dia pun meminta agar rumah sakit melapor kondisi ketersediaan oksigen ke portal Kementerian Kesehatan itu. Sehingga rumah sakit tidak panik jika kebutuhan oksigen menipis.

“Sirs online oksigen ini adalah format digital yang digunakan untuk memprediksi berapa kebutuhan oksigen untuk tiap rumah sakit sehingga kita bisa menlakukan distribusi maksimal dan terencana,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan pihaknya akan menambah 20 ribu sampai 30 ribu konsentrator oksigen. Dengan jumlah sebanyak itu maka oksigen yang bisa disuplai adalah sebanyak 600 ton oksigen per hari.

“Oxygen concentrator ini bisa mensulplai 10 liter oksigen per menit untuk kebutuhan tempat-tempat di kamar isolasi maupun di tempat-tempat rawat di rumah sakit isolasi tersentral,” ungkapnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>