Awal Oktober 2021, Jalan Margonda akan Diterapkan Ganjil Genap


Ilustrasi istimewa

AKTUALITAS.ID – Satlantas Polres Metro (Polrestro) Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok sudah melakukan simulasi penerapan ganjil genap di Jalan Margonda yang akan diterapkan pada awal Oktober 2021. 

Disepakati penerapan ganjil genap hanya dilakukan di dua segmen di Jalan Margonda yakni di segmen dua dan tiga yang terbentang dari Simpang Ramanda-Pertigaan Lampu Merah Margonda dan dari Pertigaan Lampu Merah Margonda-Fly Over UI.

“Saya tegaskan, kebijakan penerapan ganjil genap di Jalan Margonda rencananya akan diterapkan hanya pada akhir pekan dan berlaku hanya untuk kendaraan roda empat saja,” ujar Kasat Lantas  Polrestro Depok AKBP Andi Indra di Mapolrestro Depok, Sabtu (25/9/2021).

Sejumlah kendaraan melintasi perbatasan Depok menuju Jakarta di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

Menurut Indra, pihaknya masih terus mengkaji dan melakukan simulasi dengan Dishub Kota Depok terkait perputaran jalan dan penerpannya di segmen dua dan tiga di Jalan Margonda. 

“Untuk sementara disepakati hanya diberlakukan di segmen dua dan tiga di Jalan Margonda yakni dari Simpang Ramanda-Pertigaan Lampu Merah Margonda dan dari Pertigaan Lampu Merah Margonda-Fly Over UI,” jelasnya.

Andi menuturkan, kebijakan ini bertujuan menekan mobilitas warga sehubungan menekan penyebaran Covid-19 dan mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Margonda di setiap akhir pekan.

“Ini berkaitan dengan meningkatnya traffic ataupun arus lalu lintas di akhir pekan, minimal bisa mengurangi kepadatan. Berdasarkan data dan hasil survei dengan beberapa daerah yang sudah menggunakan ganjil genap, terbukti bisa menurunkan kepadatan arus lalu lintas dan kemacetan lalu lintas,” katanya.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Depok Ari Manggala mengatakan, pihaknya mengusulkan dari tiga segmen yang ada di Jalan Margonda, penerapan ganjil genap akan dilakukan di dua segmen yakni segmen dua dan tiga. 

“Kalau diterapkan diseluruh Jalan Margonda akan dapat berakibat kontraproduktif. Pada segmen satu Jalan Margonda yakni dari Simpang Ramanda-Pertigaan Lampu Merah Siliwangi merupakan ruas jalan yang mengakomodasi pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat maupun ke wilayah utara,” jelas Ari.

Berdasarkan simulasi kajian Dishub Kota Depok, penerapan ganjil genap di Jalan Margonda sudah tepat hanya diterapkan di segmen dua dan tiga. “Sudah tepat kalau diterapkan di segmen dua dan tiga saja yakni dari Simpang Ramanda hingga Fly Over UI,” tuturnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>