29 Tahanan Tewas akibat Baku Tembak Antarnapi di Penjara Ekuador


Ilustrasi Penjara, Foto: Istimewa

Pejabat berwenang Ekuador mengatakan hampir 30 tahanan tewas dalam baku tembak antara narapidana yang dilengkapi dengan senjata api dan granat di sebuah penjara di kota terbesar kedua Guayaquil, kemarin.

Peristiwa ini adalah yang teranyar dari serangkaian bentrokan di penjara antara geng narkoba yang telah menewaskan lebih dari 100 narapidana tahun ini.

Kantor jaksa agung Ekuador mengatakan di Twitter pihaknya sedang menyelidiki kematian 29 narapidana di penjara itu, termasuk enam orang yang dipenggal kepalanya.

Dilansir dari laman France 24, Rabu (29/9), para pejabat memberikan pernyataan berbeda tentang berapa banyak narapidana yang terluka. Kantor jaksa agung mengatakan ada 42 tahanan luka sementara biro penjara nasional sebelumnya menyebutkan jumlah itu 48.

Presiden Guillermo Lasso membagikan kabar di Twitter berisi pengumuman dari biro penjara yang mengatakan ketertiban “telah dipulihkan di Lembaga Pemasyarakatan Littoral setelah insiden Selasa.”

Sistem penjara Ekuador telah menjadi medan pertempuran antara tahanan yang terlibat dengan geng narkoba Meksiko—terutama kartel Generasi Baru Sinaloa dan Jalisco.

Guayaquil, kota pelabuhan utama Ekuador, merupakan pusat utama pengiriman kokain Amerika Selatan ke utara, terutama ke Amerika Serikat.

Pekan lalu polisi menyita dua pistol, sebuah revolver, sekitar 500 butir amunisi, sebuah granat tangan, beberapa pisau, dua batang dinamit dan bahan peledak rakitan di salah satu penjara kota.

Dua pekan lalu, Penjara Nomor 4 Guayaquil diserang oleh pesawat tak berawak, bagian dari “perang antara kartel internasional,” jelas petugas penjara. Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Sistem penjara Ekuador memiliki sekitar 60 fasilitas yang dirancang untuk 29.000 narapidana, namun terbebani oleh kepadatan dan kekurangan sipir.

Ombudsman hak asasi manusia negara itu mengatakan terdapat 103 pembunuhan di penjara pada 2020.

Sebanyak 27 narapidana tewas dalam kerusuhan di dua penjara pada Juli lalu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>