PDIP Sebut Megawati di BRIN Agar Riset Sesuai Dengan Nilai-nilai Pancasila


Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyampikan pidato politiknya pada HUT PDIP ke -44 di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2017). Perayaan HUT ke-44 PDI Perjuangan dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut pengangkatan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sudah sesuai aturan.

Selain itu, Basarah mengatakan pemerintah juga ingin riset dan inovasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak keliru jika Megawati yang diangkat.

“Ini artinya Pemerintah ingin agar setiap kegiatan riset dan inovasi itu harus berpedoman pada Pancasila,” kata Basarah mengutip Antara, Kamis (14/10).

Basarah menjelaskan bahwa tugas Dewan Pengarah BRIN adalah memberikan arahan dalam perumusan kebijakan dan penelitian di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada Pancasila.

Dia bicara demikian mengutip Perpres No. 78 tahun 2021 terutama Pasal 6.

Kemudian pada Pasal 7 Ayat (2) dinyatakan bahwa dewan pengarah Brin berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pembinaan ideologi Pancasila.

“Sehingga bisa dipahami, sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang menyelenggarakan tugas pembinaan ideologi Pancasila, Ibu Megawati yang ditunjuk untuk menjabat ex officio Dewan Pengarah BRIN,” kata Basarah.

Basarah mengamini ada sejumlah pihak yang mengkritisi pengangkatan Megawati karena yang bersangkutan adalah pimpinan partai politik. Bukan ilmuwan yang selama ini fokus pada pengembangan riset.

Basarah menampik jika ada anggapan bahwa pengangkatan Megawati merupakan buah transaksi politik.

“Jika kemudian dituding bahwa Dewan Pengarah ini adalah bagian dari partisan dan kepentingan praktis partai politik, bagi kami ini sangat tidak berdasar dan tak perlu dibahas lebih lanjut,” kata dia.

Basarah juga menilai kritikan itu sebetulnya mengarah kepada pemerintah yang membuat peraturan tentang struktur BRIN.

Basarah pun menganggap tidak ada yang salah dengan sikap pemerintah jika ingin riset dan inovasi harus sesuai dengan Pancasila.

“Apa yang salah jika Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin ingin memastikan bahwa setiap kegiatan riset dan inovasi di Indonesia itu sejalan dengan nilai-nilai Pancasila? Bagi kami, tak ada salahnya sama sekali kalau pemerintah pusat memilih prinsip itu,” ucap dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>