Ketum Hipmi Ajak Pengusaha Muda Terjun ke Kancah Politik dalam Pemilu 2024


AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H Maming mengajak pengusaha muda untuk terjun ke kancah politik, terutama pada pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.
Maming menilai pengusaha perlu terlibat dalam panggung politik karena acap kali pengusaha dipersulit oleh pejabat atau oknum pemerintah. Dengan memiliki kekuasaan di pemerintahan, ia menyebut pengusaha bakal lebih mudah bicara ke kepala daerah setempat.

“Kenapa masuk di politik? Karena sudah kalau menjadi anggota dewan kita akan lebih mudah bicara ke kelapa daerah/kepala dinas karena kita punya jabatan, kalau kita jadi pengusaha kita mati diolah-olah,” ungkap dia pada acara Technopreneur Fesh HIPMI, Jumat (19/11/2021).

Selain untuk kepentingan usaha, ia menyebut penting pengusaha muda ada di panggung politik untuk mengubah regulasi.

Ia menyebut saat ini masih ada regulasi pemerintah daerah yang sangat memberatkan pengusaha. Ia mencontohkan untuk usaha kontraktor dilakukan pemotongan di muka yang berkisar 10 persen-20 persen.

Aturan-aturan seperti itu, kata dia, yang membuat pengusaha di daerah kerap tidak jujur.

“Kalau sistemnya seperti itu bagaimana kawan-kawan pengusaha di daerah tidak mencuri-curi pekerjaannya karena dari awal keuntungan mereka sudah dicuri-curi,” beber dia.

Sebagai informasi, Maming sendiri sempat menjabat sebagai bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada 2010-2015.

Selain Maming, banyak pengusaha ‘jebolan’ Himpi yang saat ini menjabat di pemerintahan, misalnya Menteri Perdagangan Muhammad Lutfhi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>