PKB Tegaskan Tiket Capres 2024 Tetap untuk Cak Imin


Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto: Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, nama-nama seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa saja diduetkan dengan calon presiden diusung PKB.

Namun, Jazilul menegaskan, tiket calon presiden tetap untuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Tokoh lain jika ingin dipasangkan dengan Cak Imin harus menjadi calon wakil presiden.

“Kalau ada calon lain yang ingin diduetkan, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Ridwan Kamil, ya oke saja. Tapi Gus Muhaimin capresnya,” ujar Jazilul dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

PKB percaya diri mengusung Cak Imin sebagai calon presiden. Jazilul melihat semua tokoh yang saat ini muncul dalam bursa capres, memiliki peluang yang sama. Selain itu Pemilu 2024 tidak ada calon petahana.

“Kita bisa dibandingkan Gus Muhaimin dengan tokoh-tokoh lain yang muncul, baik dari track record perjuangan maupun pengalamannya,” ujar Jazilul.

PKB memiliki 58 kursi di DPR. Modal ini menambah keyakinan PKB untuk mengusung Cak Imin sebagai calon presiden.

Meski Cak Imin belum banyak terekam dalam survei Pilpres. Jazilul percaya karena melihat sosok Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sebelumnya tak masuk radar cawapres, justru menjadi pasangan dari Joko Widodo pada Pilpres 2024.

“Gus Muhaimin meski saat ini tak banyak terekam dalam survei, kita terus bangun momentum dan bergerak. Kita sekarang punya 58 kursi di DPR, masak kita gak yakin. Keyakinan itu penting,” kata Jazilul.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) percaya diri ketua umumnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin maju di Pilpres 2024. Sebabnya hingga hari ini belum ada calon presiden yang memiliki elektabilitasnya 30 persen atau calon presiden yang dominan. Berbeda kondisinya ketika menjelang Pemilu 2019 ketika Joko Widodo sangat dominan sebagai capres petahana.

Untuk itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, PKB akan berjuang mencalonkan Cak Imin sebagai calon presiden 2024.

“Karena itu, PKB terus akan berjuang untuk mencalonkan Gus Muhaimin, ketum PKB, sebagai capres. Kalau ada yang bertanya siapa yang akan dicalonkan PKB, jawabannya satu: Gus Muhaimin,” ujar Jazilul dalam keteranganya, Minggu (5/12/2021).

Jazilul mengatakan, Cak Imin merupakan tokoh yang memiliki rekam jejak panjang. Sejak muda menjadi aktivis, pimpinan DPR, MPR, menteri, dan sukses memimpin PKB.
Ia tidak khawatir dengan survei yang belum merekam Cak Imin sebagai calon presiden. Jazilul membandingkan dengan Gus Dur dan Ma’ruf Amin.

“Dulu siapa yang menyangka Gus Dur bisa jadi presiden. Semua pengamatan salah. Kiai Ma’ruf Amin juga tidak terekam survei, tapi berhasil jadi wapres,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Pada Pemilu 2024 tidak ada calon presiden petahana. Momentum itu harus dimanfaatkan PKB untuk mengusung Cak Imin. Apalagi Cak Imin dinilai tidak kalah dari tokoh-tokoh yang beredar.

“2024 adalah momentum karena tak ada incumbent, itu momentum bagus makanya kita harus usung Gus Muhaimin,”jelas Jazilul.
Jazilul pun mengajak seluruh kader dan pengurus PKB untuk menggelorakan Cak Imin sebagai calon presiden 2024. “PKB bangkit, solid, menang. Gus Muhaimin Presiden 2024,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>