Per Hari, KAI Commuter Tambah Perjalanan KRL Jadi 1.005


KRL

AKTUALITAS.ID – PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mengoperasikan 1.005 perjalanan kereta rel listrik (KRL) per hari mulai Desember 2021. Jumlah meningkat dari akhir Oktober yang frekuensinya berkisar 994 perjalanan per hari.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan peningkatan frekuensi perjalanan KRL seiring dengan kenaikan jumlah penumpang.

“Volume pengguna KRL dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan tren meningkat sejalan dengan aktivitas masyarakat di luar rumah yang juga kembali berjalan,” ujar Anne dalam keterangan resmi, Minggu (12/12/2021).

Pada November lalu, perusahaan mencatat volume pengguna KRL mencapai rata-rata tertinggi sejak awal tahun yaitu 413.336 pengguna. Sementara memasuki pekan kedua Desember volume pengguna KRL juga masih berada di kisaran 400 ribu pengguna per hari.

Meski frekuensi perjalanan bertambah, petugas di stasiun masih akan melakukan penyekatan terutama saat jam-jam sibuk pagi dan sore hari agar pengguna tetap dapat menjaga jarak aman dan jumlah pengguna di dalam kereta tidak melebihi aturan yang berlaku.

Ia juga mengimbau pengguna untuk merencanakan perjalanannya dengan aplikasi KRL Access sebelum berangkat menuju stasiun.

“Dengan mengakses aplikasi ini, pengguna dapat mengikuti info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL,” terangnya.

Untuk menghindari antrean di vending machine atau loket stasiun, pengguna juga disarankan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan memeriksa ketersediaan saldonya sebelum esok hari menggunakan KRL. Cek saldo KMT juga dapat dilakukan melalui ponsel memanfaatkan fitur NFC.

Anne menambahkan seluruh protokol kesehatan dalam menggunakan KRL juga tetap berlaku. Selain penyekatan di stasiun, pengguna juga tetap diwajibkan menggunakan masker ganda, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik KRL.

“Syarat vaksinasi juga masih berlaku untuk naik KRL dengan melakukan scan melalui aplikasi atau menunjukkan sertifikat vaksin,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>