Jaga Natal-Tahun Baru, 177.212 Personel Gabungan Dikerahkan


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 177.212 personel gabungan dari Polri, TNI serta sejumlah instansi terkait dikerahkan untuk mengamankan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Untuk seluruh personel yang dilibatkan itu kurang lebih ada 177.212 dari Polri, kemudian pusat dan kewilayahan, TNI dan instansi terkait,” kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Imam Sugianto dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/12/2021).

Ratusan ribu personel gabungan itu dikerahkan di sejumlah titik pengamanan yang telah ditentukan.

Di gereja ditempatkan lebih dari 43 ribu personel, tempat perbelanjaaan kurang lebih 3.900. Kemudian tempat wisata sebanyak kurang lebih 6.397.

Imam menuturkan bahwa kepolisian juga mendirikan pos pengamanan selama Nataru yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

“Termasuk kita membentuk pos pengamanan di 34 provinsi, total personel yang kita ploting di pos-pos itu 3.159,” ucap Imam.

Imam menyebut bahwa pengamanan di masa Nataru telah dipetakan dan disesuaikan dengan tingkat kerawanan di masing-masing daerah. Pemetaan pun sudah dilakukan.

“Ada data semua itu, semuanya sudah kita petakan berdasarkan kerawanan wilayah masing-masing dan daerah yang diamankan oleh petugas,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir mengatakan bahwa Operasi Lilin juga akan digelar mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Kendati demikian, kata Muhadjir, juga telah dilakukan kegiatan pra-operasi sejak H-7 sebelum pelaksanaan Operasi Lilin.

“Begitu juga nanti setelah tanggal 2 yaitu H+7 akan dilakukan juga post-operasi, terutama oleh Polri dan di-BKO oleh TNI dan tentu saja aparat ketertiban di masin-masing daerah,” ucap Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/12).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>