Kedaulatan dan bukan Ketahanan Pangan


AKTUALITAS.ID – Seperti kita ketahui bersama ada penggabungan beberapa Persero pangan menjadi holding pangan yamg bernama ID Pangan yang dipimpin oleh PT RNI.

Menteri BUMN berharap, semua persero yg tergabung menjdi holding tsb PT Sang Hyang Seri, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Perikanan Indonesia,PT Garam dan PT Berdikari, bisa menjadi satu holding ID FOOD, dengan harapan bisa menjaga supply chain yang selama tidak ada kepastian.

Dan juga diharapkan akan menciptakan transformasi ekosistem pangan yg terintegrasi dari hulu sampai hilir. Sehingga tercipta guna menungkatkan kesejahteraan petani,peternak dan nelayan.

Melihat semangat dari Menteri BUMN Erick Tohir musti diapresiasi.

Ada yang menarik dari statement dari menteri BUMN dengan diluncurkannya ID FOOD tersebut, yaitu tidak ada kata pun kalimat yang mengarah pada KEDAULATAN PANGAN.
Sehingga masih jauh api dari panggang,harapan dari Menteri BUMN tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peternak dan nelayan.

Bagaimana terjawab kesejahteraan petani, peternak dan nelayan, bila IMPORT Pangan menjadi salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Dalam pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri musti dilakukan secara komprehensif dan musti ada jawaban tentang permasalahan yang selama ini menghimpit dan menekan pelaku pangan, yaitu IMPORT PANGAN selain dari sisi tekhnis lainnya.

Kebijakan tentang IMPORT PANGAN lah yang selama ini menjadi masalah dari akar masalah tentang pangan. Baik sejak dari import benih padi sampai bahan pangan.
Ini belum tentang stabilitas harga pasca panen, kelangkaan pupuk dll.
Belum dengan praktek2 kotor yang dilakukan oleh jajaran dinas terkait.

Dan semoga semngat dari menteri BUMN bukan sebatas lips service dalam menangani masalah krusial bangsa tentang pangan.

Dengan tagline Kedaulatan dan bukan sebatas Ketahanan pangan, itu massege yg musti sampai di telinga Menteti BUMN Erick Tohir.

Wawan Leak
Inisiator Gerakan Kedaulatan Pangan Nusantara

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>