Tertinggi Sejak Pandemi, Jerman Catat 112 Ribu Kasus Covid Sehari


Ilustrasi © Reuters / Stefan Jeremiah

Jerman melaporkan lebih dari 112 ribu kasus Covid-19 dalam 24 jam belakangan. Jumlah itu merupakan rekor kasus Covid-19 tertinggi di negara itu sejak pandemi di negara itu.

Badan kesehatan masyarakat Robert Koch Institute mencatat sebanyak 112.323 kasus Covid-19 dengan 239 kematian, Rabu (19/1).

Badan itu juga menambahkan, tingkat infeksi mingguan mencapai 584,4 kasus baru per 100 ribu orang selama tujuh hari.

Akibat peningkatan ini, Jerman semakin memperketat pembatasan untuk mengurangi penularan. Negara itu membatasi akses ke bar dan restoran dengan hanya mengizinkan mereka yang telah divaksinasi dosis ketiga (booster) atau yang telah sembuh dari Covid-19.

Varian Omicron disebut menjadi penyumbang terbesar kasus Covid-19 di negara itu. Dengan lebih dari 70 persen infeksi baru akibat varian B.1.1.529.

Selain Jerman, negara-negara Eropa lainnya juga tengah berjuang melawan lonjakan kasus akibat varian ini. Prancis baru-baru ini melaporkan sekitar 300.000 kasus harian di negaranya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz terus berupaya mensosialisasikan vaksinasi wajib bagi warganya. Dilaporkan, sebanyak 60 juta warga Jerman telah mendapatkan vaksinasi penuh.

Namun demikian, negara tempat vaksin BioNTech-Pfizer pertama kali dikembangkan itu melaporkan telah muncul resistensi terhadap vaksin pada warganya.

Ratusan bahkan ribuan warga melakukan unjuk rasa terkait strategi kesehatan yang dijalankan pemerintah.

Meski begitu, Scholz bersikeras bahwa vaksinasi tetap diperlukan demi meningkatkan kekebalan.

“Saya, misalnya, percaya bahwa (vaksin) itu perlu dan akan secara aktif mendorong (warga melakukannya),” kata Schoolz kepada parlemen pekan lalu, seperti dikutip dari AFP, Rabu (19/1).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>