Jika Setujui Pemilu Ditunda, Demokrat: Jokowi Langgar Sumpahnya


AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K Harman menilai sikap Presiden Jokowi masih tidak tegas terkait wacana penundaan Pemilu 2024.

“Jawaban yang disampaikan beliau selama ini masih fifty-fifty antara setuju satu kaki dan satu satu kaki masih [menolak],” ujar Benny dalam diskusi yang digelar PARA Syndicate, Rabu (9/3/2022).

Menurut Benny, Jokowi tidak memiliki pilihan selain menolak wacana tersebut. Sebab bila menyetujui, lanjut dia, Jokowi sama saja melanggar sumpah yang diucapkan ketika dilantik menjadi presiden.

“Menurut kami presiden tidak ada pilihan lain dalam situasi ini, harus menolak sebab itu pelanggaran berat terhadap konstitusi dan sumpahnya saat pelantikan adalah setia pada konstitusi,” jelasnya.

Diketahui, penundaan Pemilu 2024 diusulkan oleh tiga ketua umum parpol yaitu Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Pemerintah melalui Menko Polhukam, Mahfud MD dan Kantor Staf Presiden (KSP) mengaku tak pernah membahas penundaan Pemilu 2024. Disebutkan Presiden Jokowi telah menyepakati Pemilu diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>