FOTO: Kondisi Kampung Cina Cibubur Kian Horor


Kondisi bangunan Kampung Cina nampak tak terawat dan rentan roboh di kawasan Cibubur, Minggu (22/1/2023). Kampung Cina ini sebelumnya menjadi destinasi wisata dan pusat jual beli yang khas dengan kebudayaan Cina, tak pernah sepi. Apalagi, Saat Imlek selalu ada festival Cap Go Meh yang membuat daya tarik pengunjung berdatangan [Kiki Budi Hartawan/aktualitas.id]

AKTUALITAS.ID – Nama Kampung Cina di kawasan perumahan yang terbilang elit didalam Kota Wisata Cibubur pada tahun 2000-an begitu sangat familiar dan terkenal ditelinga masyarakat.

Pasalnya, Kampung Cina Cibubur ini merupakan destinasi wisata dan pusat jual beli yang khas dengan kebudayaan Cina. Tak ada kata sepi di tempat ini. Apalagi saat hari besar Imlek, di kampung Cina selalu ada festival Cap Go Meh yang membuat daya tarik pengunjung berdatangan hingga membludak.

Kampung Cina sendiri dibangun oleh developer perumahan Sinar Mas Land pada tahun 2002. Awalnya bernama Kampung Wisata khusus dibangun untuk penghuni perumahan Kota Wisata Cibubur.

Sebelumnya, di perumahan elit ini disetiap wilayahnya ada spot yang bernama Kampung Eropa, Amerika, Jepang, Indonesia, dan Cina. Namun yang bertahan dan pamornya lebih naik hanya Kampung Cina. Sehingga lokasi tersebut disatukan dan namanya diganti menjadi Kampung Cina.

Namun, saat hari besar Imlek yang jatuh pada hari ini, Minggu (22/3/2023), suasana didalam destinasi khas Cina ini berubah total. Bangunan yang lusuh, sarana prasarana yang sudah tak layak, ilalang yang tumbuh liar dan bangunan rentan roboh justru menambah kesan horor. Kini hanya ada beberapa toko pernak-pernik Cina di sana, totalnya hanya bisa dihitung dengan jari. [Kiki Budi Hartawan]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>