Perum Perhutani, Menutup Sementara Aktivitas Pendakian Di Wilayah KPH Bandung Utara


AKTUALITAS.ID – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara menutup sementara dibeberapa titik lokasi wisata yang menjadi aktivitas pendakian guna kesiapsiagaan dan pencegahan dini kebakaran hutan.

Seperti yang tertuang dalam surat Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Bandung Utara dengan nomor 0316/058.4/BDU/2023 yang isinya yaitu Penutupan Sementara Aktivitas Wisata Pendakian gunung di wilayah Perum Perhutani Bandung Utara, dengan upaya preventif dan menutup lokasi- lokasi yang dijadikan jalur pendakian.

Ditempat terpisah Adi Nugroho selaku Administratur Perum Perhutani Bandung Utara, membenarkan penutupan tersebut “ini adalah sebagai langkah preventif, dan penutupan sementara ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pihak Perhutani dan perlu diingat bahwa Membutuhkan waktu tidak sebentar untuk bisa memadamkan hutan yang terbakar, jelas Adi

“Kebakaran hutan dan lahan berdampak buruk bagi ekosistem dan lingkungan serta makhluk hidup di sekitarnya. Hewan-hewan harus kehilangan tempat tinggal dan tak sedikit yang mati karena ikut terbakar. Masyarakat yang tinggal di sekitar hutan harus menghirup asap berbahaya bagi kesehatan, jarak pandang terbatas yang berisiko terjadi,kecelakaan, serta aktivitas jadi terhambat dan berdampak pada perekonomian”, tambah Adi.

“Di himbau agar para pendaki mengurungkan niatnya untuk tidak melakukan aktivitas pendakian dulu selama penutupan sementara diberlakukan, dan kepada masyarakat disekitar hutan agar mengurangi aktivitas didalam kawasan hutan dan agar dapat berperan serta turut membantu dalam upaya pencegahan kebakaran hutan, pungkas Adi. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>