Rombongan Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah Kunjungi Monjuang TNI AU, Ini Tanggapan Kamuspusdirla


AKTUALITAS.ID – Tak kurang dari 150 pesepeda mengunjungi Monumen Perjuangan TNI AU (Monjuang TNI AU) di Ngoto Kabupaten Bantul. Mereka datang ke Monjuang TNI AU dalam rangka mengikuti kegiatan Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah.

Panitia Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah Hari Supono, S.E., MM., mengatakan Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah mengangkat tema Satu Kayuh, Bersatu, Melaju untuk Museumku. Peserta Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah berasal dari masyarakat dan komunitas pecinta sepeda.

Kayuhan pertama jelas Hari Supono dimulai dari Museum Perjuangan Yogyakarta menuju Monjuang TNI AU dilanjutkan ke Museum Jenderal Soedirman. Usai dari museum yang terletak di kawasan Bintaran itu, rombongan gowes melanjutkan ke Museum Sandi dan finish di Museum Benteng Vredeburg.

“Rute yang ditempuh sepanjang 15 kilometer,” ujar Hari di Monjuang TNI AU Ngoto Kabupaten Bantul, Minggu (15/10).

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) Kolonel Sus Yuto Nugroho mengapresiasi kegiatan Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah mengunjungi Monjuang TNI AU. Ia mengaku gembira, karena kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk mendekatkan Monumen Perjuangan TNI AU kepada masyarakat, di samping mengenalkan perjuangan para pendahulu TNI AU khususnya Marsda Anumerta Abdulrachman Saleh dan Marsda Anumerta Adisutjipto, yang makamnya berada di areal Monjuang TNI AU itu

Lantas ia menceritakan peran Anumerta Abdulrachman Saleh dan Marsda Anumerta Adisutjipto. Kedua pahlawan nasional tersebut merupakan tokoh-tokoh pendiri TNI Angkatan Udara.

Diceritakannya pula, lokasi dimana Monjuang TNI AU sekarang berdiri, dulunya merupakan tempat jatuhnya pesawat VT-CLA. Pesawat VT-CLA terbang dari Malaya membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Internasional untuk Indonesia.

“Pesawat VT-CLA jatuh ditembak pesawat Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947. Dalam peristiwa ini dua tokoh TNI AU, Abdulrachman Saleh dan Adisutjipto, gugur,” jelas Kolonel Yuto saat menerima rombongan Jelajah Sepeda Wisata Bersejarah di Monjuang TNI AU.

Selama di Monjuang TNI AU selain mendengarkan penjelasan tentang peristiwa ditembakjatuhnya pesawat VT-CLA , juga ziarah di makam Anumerta Abdulrachman Saleh dan Marsda Anumerta Adisutjipto.

Sekedar informasi, Monjuang TNI AU di Ngoto Kabupaten Bantul perawatannya berada di bawah Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>