Tambah Alutsista, Prabowo Kembali Serahkan 5 Unit Pesawat NC-212i ke TNI AU


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeriksa pesawat saat serah terima pesawat terbang NC-212i untuk TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Antara Foto)

AKTUALITAS.ID – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia kembali menambah kekuatan alutsista TNI Angkatan Udara. Alutsista terbaru yang akan memperkuat TNI AU itu adalah pesawat jenis NC-212i buatan industri pertahanan dalam negeri, PT Pindad Indonesia (PTDI).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan lima unit pesawat terbang NC-212i kepada TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12).

Prabowo mengatakan secara total pengadaan pesawat NC-212i oleh Kementerian Pertahanan sebanyak 9 unit. Ia menyebut empat pesawat lainnya tengah dalam proses pengerjaan.

Prabowo menuturkan Angkatan Udara yang kuat adalah suatu tuntutan bagi negara modern yang ingin merdeka dan berdaulat.

“Bangsa kita sangat membutuhkan tentara yang kuat dan sekarang tentara itu tidak bisa bekerja terpisah, harus bekerja dalam operasi gabungan tiga matra, harus bekerja sebagai satu bagian dengan segala aspek dari perang modern,” kata Prabowo.

Dia mengatakan pesawat NC-212i yang diserahkan untuk TNI AU, Selasa, memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya pesawat itu dapat mendarat di landasan rumput dan landasan pasir.

“Tadi, dilaporkan sudah ada (perangkat) autopilot, glass-cockpit, avionics sudah bagus, sudah terbaru, propeller sudah composite, lebih ringan. Jadi, pesawat ini bisa mendarat di lapangan rumput dan lapangan pasir dan cukup (landasan) 600 meter. Jadi, (pesawat mampu) masuk di tempat-tempat sulit dan fungsinya banyak,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam produksi pesawat NC-212i buatan PT DI sebesar 40 persen.

Pesawat angkut ringan serbaguna itu tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk latihan dan pengangkut pasukan, tetapi juga evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Pesawat NC-212i, yang nantinya memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, dapat mengangkut 28 penumpang dan memuat beban (payload) sampai tiga ton.

Pesawat itu juga dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading/unloading muatan.

“Terima kasih kepada PT DI. Tingkatkan selalu kemampuan Anda. Punya tekad yang besar untuk menguasai teknologi demi kemerdekaan bangsa ini. Lakukan segala upaya untuk meningkatkan kemampuan anak-anak kita menguasai teknologi canggih,” pungkas Prabowo. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>