Waspada! Ini 5 Gejala Covid-19 Eris EG.5 Yang Naik Lagi di Indonesia 


Foto ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Covid-19 masih menghantui hampir seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Belum lama ini, kasus subvarian yang bernama EG.5 dan EG.2 atau dikenal juga dengan sebutan Eris, diketahui melonjak.

Hal tersebut diketahui langsung dari data peningkatan kasus Covid-19 pada November lalu. Data tersebut mencatat sebanyak 58,9 persen kasus subvarian ditemukan di Tanah Air.

Eris sebenarnya bukan subvarian baru. Subvarian ini telah ditemukan pada awal 2023. Eris merupakan turunan dari varian Omicron. Hingga saat ini, Omicron masih mendominasi kasus penularan Covid-19 di dunia.

Pada dasarnya, gejala subvarian ini belum diketahui dengan pasti. Namun, mutasi umumnya membuat gejala yang muncul semakin ringan.

Gejal Covid-19 subvarian Eris juga tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Berikut di antaranya.

1. Sakit tenggorokan

Virus penyebab Covid-19 paling sering menyerang saluran pernapasan, salah satunya di tenggorokan. Tak heran gejala ini pasti banyak dialami oleh pasien-pasien yang terpapar Covid-19.

Gejala yang sama juga dikeluhkan oleh pasien Covid-19 yang disebabkan subvarian EG.5. Tak sedikit juga dari mereka yang mengalami kesulitan menelan.

2. Batuk

Selain sakit tenggorokan, batuk juga jadi gejala yang umum dialami pasien Covid-19, termasuk di antaranya yang terpapar subvarian EG.5.

Batuk sebenarnya merupakan reaksi yang muncul dari tubuh ketika sistem kekebalan berusaha melawan virus yang masuk dan mengeluarkannya dari tubuh.

3. Pilek

Orang yang terinfeksi EG.5 juga mengalami pilek. Saat pilek terjadi, cairan yang keluar dari hidung akan lebih banyak. Tak sedikit penumpukan cairan ini membuat hidung jadi tersumbat.

4. Demam

Demam juga muncul sebagai salah satu gejala Covid-19. Demam merupakan reaksi saat sistem kekebalan tubuh berusaha melawan virus yang masuk ke tubuh.

5. Kelelahan

Selain demam, rasa lelah bisa dialami oleh pasien yang mengalami Covid-19. Kelelahan terjadi karena sistem imun tengah berusaha melawan virus yang masuk. Kondisi ini bisa sangat menguras energi.

Selain lima gejala ini, beberapa pasien yang terpapar Covid-19 subvarian EG.5 juga ada yang mengalami sesak napas. Berhati-hati agar tidak terpapar Covid-19 yang mulai mengamuk kembali.  (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>