Perkuat Jaringan Jalan Tol Jabodetabek, PT PII Kembali Lakukan Penjaminan Proyek Infrastruktur Sektor Jalan


AKTUALITAS.ID – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII, salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan kembali melakukan penjaminan atas proyek infrastruktur sektor jalan dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kali ini melalui proyek jalan tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami yang berlokasi di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Komitmen PT PII dalam proyek ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan beberapa Perjanjian Kerja Sama oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo selaku penyedia penjaminan pemerintah, dan Direktur Utama PT Jakarta Metro Ekspressway Omar Dani Hassan selaku Badan Usaha Jalan Tol di Kementerian PUPR, Selasa (17/10).

Sutopo mengatakan, dengan telah ditandatanganinya perjanjian penjaminan dan perjanjian regres pada proyek tersebut, maka PT PII selaku Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan akan memberikan penjaminan yang mencakup risiko keterlambatan pengadaan tanah, risiko keterlambatan penyesuaian tarif, risiko politik temporer dan risiko politik permanen. Penjaminan yang diberikan oleh PT PII tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi investor dalam berinvestasi pada proyek Jalan Tol tersebut.

“Skema KPBU yang merupakan bagian dari Innovative Financing yang kami dukung pada proyek jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini sangat dibutuhkan sehingga akan meningkatkan dampak positif yang dirasakan masyarakat, salah satunya dengan kelancaran lalu lintas sehingga mobilitas dan distribusi di masyarakat lebih optimal serta dampak ekonomi pun meningkat”, kata Sutopo.

Sutopo juga menambahkan bahwa penandatanganan hari ini merupakan penandatanganan penjaminan proyek Jalan Tol kedua PT PII di tahun 2023 setelah kami telah memberikan penjaminan pada proyek Jalan Tol Akses Patimban di awal 2023 lalu.

“Komitmen PT PII untuk terus mendorong skema pembiayaan inovatif akan terus dijalankan, utamanya untuk membantu beban APBN. PT PII juga secara terbuka senantiasa mendukung Kementerian PUPR, kementerian-kementerian lain maupun Pemerintah Daerah yang akan mengembangkan proyek skema KPBU”, tambah Sutopo.

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami sepanjang 21,44 km dengan nilai investasi sebesar Rp 21,25 Triliun ini dibangun bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, mengurangi kemacetan dan waktu tempuh di JORR-1, serta meningkatkan tingkat pelayanan jalan, menyediakan rute alternatif untuk perjalanan jarak jauh, dan memperkuat jaringan jalan tol di Jabodetabek. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>