Presiden Resmi Lantik Irjen Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN


Presiden Joko Widodo resmi melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pengganti Irjen Petrus Golose. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Marthinus Hukom menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara.

“Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi yang diikuti Marthinus, Jumat (8/12/2023).

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjutnya.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 182/TPA 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan BNN oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet Farid Utomo.

Irjen Marthinus Hukom menggantikan Komjen Petrus R Golose yang pensiun pada 1 Desember 2023.

Acara tersebut juga dihadiri Seskab Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Diketahui, Marthinus Hukom sebelumnya adalah Kepala Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Polri. Dia menjabat sejak 1 Mei 2020. Pria kelahiran 54 tahun silam, tepatnya 30 Januari 1969, ini masuk Akademi Kepolisian atau Akpol pada 1988 dan lulus pada 1991.

Marthinus tercatat pernah jadi Katim Anti Teror Bom Polda Metro Jaya pada 2001 hingga 2002. Setelah dia dimutasi ke Mabes Polri dan bertugas sebagai Analis Intelijen Satgas Anti Teror Polri selama 13 tahun dari 2002 hingga 2015. Marthinus juga pernah bekerja untuk BNN pada 2010 sampai 2012, sebagai Kelompok Ahli BNN RI Bidang Intelijen. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>