Cegah Lonjakan Covid-19, Pj Gubernur Jabar Himbau Warga Terapkan Prokes


Ilustrasi. Covid-19. (IST)

AKTUALITAS.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengimbau masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. 

Hal ini menyusul kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia. Tercatat, hingga Jumat (8/12) jumlah pasien Covid-19 di Jabar yang dirawat sebanyak 87 orang.

“Kami ingatkan masyarakat untuk kembali menjaga protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang merasa tidak enak badan sebaiknya menggunakan masker,” kata Bey di Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).

“Kita juga sudah mengeluarkan surat edaran, bagi mereka yang imunisasi Covid-19 dan lebih dari enam bulan, sebaiknya diulang untuk vaksinasi, tinggal datang ke puskesmas, vaksinnya masih gratis,” lanjutnya.

Dalam menangani peningkatan kasus, Bey memastikan bahwa fasilitas kesehatan di Jawa Barat, termasuk rumah sakit dan puskesmas, telah siap. 

“Semua rumah sakit, puskesmas sudah siap, tapi kita minta dari masyarakat juga prokes dijalankan dan segera imunisasi ulang, ” jelasnya.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia, dengan rata-rata 35-40 kasus per hari hingga 6 Desember 2023. Situasi ini juga memicu peningkatan tingkat keterisian rumah sakit, dengan angka kematian yang bervariasi antara 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus Covid-19 ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5, yang juga menyebabkan gelombang infeksi di Eropa dan Amerika Serikat. Selain itu, subvarian EG2 dan EG5 juga telah dideteksi. Meski terjadi kenaikan, jumlah kasus saat ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan puncak pandemi, yang mencatat 50.000-400.000 kasus per pekan. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>