Tips Naik Pesawat Bersama Anak Agar Perjalanan Semakin Nyaman Saat Liburan


Ilustrasi orang tua bersama anak kecil di pesawat.(Dok. Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Memasuki libur Nataru, banyak keluarga telah merencanakan untuk menikmati waktu bersama. Dalam perencanaan liburan, ada keluarga yang memilih untuk berlibur keluar negeri.

Bepergian dengan pesawat bersama bayi atau balita membutuhkan persiapan khusus sebelum berangkat.  Persiapan tersebut penting untuk orang tua, termasuk mereka yang baru pertama kali naik pesawat bersama anak dan belum mengetahui kiat agar perjalanan menjadi lebih lancar. 

Simak tips berikut ini agar penerbangan bersama buah hati menjadi lebih nyaman dan tidak rewel: 

1. Siapkan makanan kesukaan anak

Ketika si kecil merasa lapar, bisa membuat mereka menjadi rewel. Oleh karena itu, orang tua perlu menyiapkan makanan dan minuman favorit si kecil. Makan dan minum selama penerbangan juga membantu mengurangi efek tekanan udara di dalam kabin pesawat.

2. Beri susu saat pesawat lepas landas

Perubahan tekanan udara saat lepas landas dan mendarat dapat membuat telinga si kecil merasa sakit, menjadi salah satu penyebab rewel. Memberikan susu pada si kecil dapat membantu menyamakan tekanan telinga dan mengurangi ketidaknyamanan selama proses tersebut.

3. Siapkan mainan

Menyiapkan mainan favorit si kecil sangat penting. Mainan ini dapat diberikan selama penerbangan untuk menghilangkan kebosanan dan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

4. Siapkan gawai

Gawai yang berisi game atau film favorit si kecil juga dapat menjadi solusi. Ini membantu agar si kecil tetap diam dan terhibur selama beberapa jam perjalanan.

5. Patuhi waktu tidur dan jadwal makan

Penting untuk mematuhi waktu tidur dan jadwal makan si kecil selama perjalanan. Jika penerbangan bertepatan dengan waktu tidur si kecil, biarkan mereka tidur. Begitu pula dengan waktu makan, berikan mereka makan di pesawat sesuai dengan jadwal makan mereka. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan rewel selama perjalanan.

Dengan memperhatikan tip-tip di atas, diharapkan perjalanan bersama si kecil menggunakan pesawat selama libur Nataru dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>