Do’a Agar Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Kesulitan


Ilustrasi. Berdoa (ist)

AKTUALITAS.ID – Dalam kehidupan ini, pasti kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam kesulitan atau rintangan. Untuk membantu segala  urusan agar selesai dengan baik, selain ikhtiar, kamu juga harus dapat membaca do’a agar diberi kemudahan. 

Tujuannya adalah agar semua urusan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Do’a ini juga merupakan tanda hamba yang membutuhkan Tuhannya.

Membaca do’a agar dipermudah dalam menghadapi kesulitan adalah satu hal penting agar Allah memberi jalan keluar setiap masalah yang dihadapi seseorang.

Berikut di bawah ini bacaan dipermudah dalam menghadapi kesulitan:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbisyrohli shodri wayasirli amri wahlul uqdatan minlisani yafqahu qauli.”

Yang artinya, “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman.

Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

 “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah ayat 186).  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>