KPU Kuningan Selesaikan Pelipatan Surat Suara Pemilu


Ketua KPU Arief Budiman (dua kanan) bersama Komisioner KPU menunjukkan surat suara saat akan mencoblos dalam simulasi Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3/2019). Simulasi tersebut diselenggarakan untuk mensosialisasikan tahapan dan prosedur pemungutan dan penghitungan suara kepada masyarakat menjelang Pemilu 2019.

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menuntaskan penyortiran dan pelipatan lima jenis surat suara lebih dari 4,5 juta lembar yang nantinya didistribusikan untuk kebutuhan pemungutan suara di daerah itu pada 14 Februari 2024.

“Tahapan sortir dan lipat surat suara di Kuningan selesai hari ini, tepatnya pukul 11.00 WIB. Totalnya lebih dari 4,5 juta lembar,” kata Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (17/1/2024).

Dalam tahap tersebut, kata Asep, seluruh pekerja yang terdiri dari 603 orang warga setempat sudah melaksanakan pekerjaannya sesuai prosedur berlaku. Oleh sebab itu, mereka berhak mendapatkan honor yang perhitungannya mendekati besaran upah minimum di Kabupaten Kuningan.

Ia menyebutkan setiap lembar surat suara jenis pemilihan legislatif (pileg) dihargai sebesar Rp265 per lembar dan jenis pemilihan presiden (pilpres) Rp200 per lembar.

“Jika satu kelompok yang terdiri dari 10 orang bisa menyelesaikan lima boks per hari. Masing-masing dari mereka bisa mendapatkan Rp200 ribu per orang,” ujarnya.

Asep memastikan tidak ada kendala dalam penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut. Selain dikerjakan oleh pekerja yang memenuhi syarat, tempat untuk melakukan tahapan itu pun cukup representatif.

Selama 10 hari, kata dia, KPU memusatkan penyortiran dan pelipatan surat suara di tiga ruangan yang ada pada Gedung BKPSDM Kabupaten Kuningan.

“Tidak ada kendala, karena kita mitigasi terkait intensitas hujan. Tempatnya representatif sehingga ketika turun hujan tidak khawatir,” imbuhnya.

Setelah tahapan ini selesai, pihaknya mulai melakukan pengepakan dan menuliskan informasi pada sampul kubus yang disediakan.

Apabila proses tersebut berjalan lancar, maka KPU Kabupaten Kuningan menjadwalkan distribusi surat suara itu ke 3.596 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya.

“Tidak ada surat suara yang mengendap di gedung ini (BKPSDM). Semuanya dikirim ke gudang logistik di Ciloa. Kemungkinan kalau kita kalkulasikan waktu, misal penulisan dan pengepakan itu dilakukan sekarang. awal Februari sudah mulai pendistribusian,” ucap dia. [ANT/Ari Wibowo]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>