Keutamaan Puasa Nabi Daud Beserta Niat dan Lafadznya


Keutamaan Puasa Daud, Niat Lafadznya. (freepik)

AKTUALITAS.ID – Salah satu ibadah sunnah yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam yaitu puasa Daud. Perlu diketahui bahwa puasa Daud adalah puasa sunnah yang dilakukan selang-seling atau satu hari puasa dan satu hari tidak. 

Sudah banyak riwayat menyebutkan bahwa puasa Daud memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

Puasa ini merupakan puasa yang memiliki derajat tertinggi dan paling disukai oleh Allah SWT. Hal ini tercatat dalam hadis berikut:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya,

‎أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Untuk niat puasa daud sebaiknya dilakukan saat malam hari, sebelum fajar terbut. Tetapi jika lupa, bisa dilakukan pada pagi hari dengan syarat belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal yang dapat membatalkan puasa.

Lafadz niat puasa Daud:

‎نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “ Saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah Ta’ala”

Lalu apa saja keutamaan dari puasa daud?

Berikut ini merupakan keutamaan menjalankan puasa daud:

1. Puasa sunnah yang paling utama

Jika dibandingkan dengan puasa sunnah lainnya, puasa Daud lebih utama dibandingkan dengan puasa-puasa sunnah lainnya. Alasan puasa Daud merupakan puasa yang paling utama adalah karena seorang yang menjalankan puasadaud akan melakukan apa yang disenanginya satu hari dan berpisah pada satu hari berikutnya.

2. Puasa sunnah yang paling disukai oleh Allah SWT

Puasa Daud merupakan amalan yang paling disukai Allah SWT. Hal ini terbukti melalui hadis yang berisi:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

‎إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ

Puasa yang paling Allah cintai adalah puasa Nabi Daud. (HR. Muslim)

3. Puasa sunnah tertinggi

Puasa ini merupakan puasa sunnah dengan derajat tertinggi dan terberat. Karena tidak semua orang sanggup menjalaninya. Meski begitu,banyak manfaat yang dapat kita rasakan jika melakukan puasa daud.

Walau bukan puasa yang wajib dilakukan, tidak ada salahnya untuk kita mencoba untuk melakukan puasa Daud ini. Karena dengan menjalankan puasa ini kita bisa melatih kesabaran dan menjaga hawa nafsu serta mendapatkan pahala. Tidak hanya itu, puasa daud juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>