Sebanyak 2.304 Personel Gabungan Amankan Demo Kepala Desa di DPR Siang Ini


Ilustrasi. Kepolisian (Dok. Polri)

AKTUALITAS.ID – Kepolisan akan mengerahkan 2.304 personel gabungan untuk mengamankan aksi demonstrasi dari Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) yang tergabung dalam Aksi Bersama Desa Jilid III di depan Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (31/1/2024) siang ini. 

“Kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Rabu (31/1/2024).

Susatyo menuturkan, ribuan personel tersebut bakal disebar di beberapa titik di Kawasan DPR. Dia menyebutkan, pemadam kebakaran juga disiapkan untuk mengantisipasi apabila nanti massa melakukan aksi bakar ban.

“Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan gedung DPR,” katanya.

Tidak hanya pengamanan, Susatyo menambahkan, pihaknya bakal melakukan pengalihan lalu lintas di kawasan DPR. Namun hal tersebut bersifat situasional.

“Apabila nanti di depan DPR massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua,” ungkapnya.

Lebih lanjut Susatyo berharap aksi unjuk rasa tersebut berjalan damai. Dia pun mengimbau para demonstran untuk tak anarkis.

“Kami mengimbau kepada para korlap dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kegiatan aksi nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib, sesuai dengan harapan kita semua,” bebernya.

Sebelumnya, Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) yang tergabung dalam Aksi Bersama Desa Jilid III bakal menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (31/1/2024) siang ini. Demonstrasi tersebut digelar untuk menuntut revisi UU Desa. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>