Pada Tahun 2025, Malaysia Akan Hadirkan Dua Mobil Listrik Buatan Dalam Negeri 


Proton diduga akan melakukan rebadge pada mobil listrik buatan Tiongkok, Geely Geometry. (Paultan/IST)

AKTUALITAS.ID – Perusahaan mobil asal Malaysia, Proton, yakin bisa menghadirkan dua mobil listrik buatan dalam negeri. Li Chunrong, CEO Proton, dikutip Paultan, Kamis (22/2/2024) mengatakan mobil listrik pertama buatan Proton akan segera dirilis pada 2025.

Enam hingga delapan bulan setelahnya, Li Chunrong langsung menyusul mobil listrik kedua buatan Proton. “Kita akan segera punya tidak hanya satu tapi dua mobil listrik, segera. Ditunggu saja mengenai detailnya,” ungkap Li Chunrong.

Paultan menyebutkan membuat mobil listrik sebenarnya bukan hal baru buat Proton. Mereka pernah membuat konsep mobil listrik bernama Proton Iriz.

Hanya saja mobil listrik itu tetap dalam bentuk konsep dan tidak pernah diwujudkan untuk mobil produksi massal.

Menariknya, Paultan justru tidak yakin Proton akan membuat mobil listrik berdasarkan sumber daya dari Malaysia. Alih-alih bisa saja mobil listrik yang dihadirkan Proton nanti adalah mobil listrik buatan Geely.

Saat ini Proton saat ini dimiliki oleh Geely karena memiliki saham mayoritas. Kondisi itu membuat Proton kerap melakukan rebadge mobil-mobil Geely yang dijual di Malaysia.

Hal itu yang membuat Paultan yakin Proton akan melakukan rebadge mobil listrik Geely jadi mobil listrik Proton.

“Bisa jadi Proton akan menggunakan Geely Geometri sebagai basis mobil listrik Proton nanti,” jelasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>