Mobil Listrik Citroen Bakal Dirakit di Indonesia pada Pertengahan Tahun Ini


Foto ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rachmat Kaimuddin mengatakan mobil listrik Citroen akan dirakit di Indonesia pada Juli 2024.

“Dia bilang Juli 2024, dia sudah mau berproduksi (merakit mobil),” ujar Rachmat Kaimuddin dalam acara bertajuk, “Update dan Sosialisasi Insentif atas Investasi KBLBB kepada Stakeholder” di Jakarta, Jumat (1/3/2204).

Perakitan mobil listrik ini nantinya melibatkan PT National Assembler, perusahaan perakitan dari India, Grup Indomobil sebagai distributor tunggal merek Citroen di Indonesia, serta Stellantis pemilik merek Citroen tingkat global.

“Dia (Citroen) kayaknya menggunakan fasilitas yang sudah ada, tetapi bawa CKD (completely knock down). Sudah ada assembler-nya (perakitnya) di sini,” kata Rachmat.

CEO Citroen Indonesia Tan Kim Pauw pada Rabu (24/1/2024), mengungkapkan rencananya untuk merakit mobil listrik di Indonesia, melalui salah satu fasilitas pabrik milik Grup Indomobil di Purwakarta, Jawa Barat.

Tan menargetkan pada semester II 2024 atau akhir tahun ini, bisa mencapai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 20% hingga 40%. Citroen Indonesia secara paralel juga tengah mengajukan izin untuk ikut serta program insentif pemerintah. “Salah satu syarat untuk mengikuti program insentif mobil listrik ini adalah komitmen memproduksi secara lokal, dan itu akan kami mulai segera,” kata Tan.

Dengan ini, mobil listrik selanjutnya dari perusahaan otomotif Perancis itu berpotensi untuk mengalami penyesuaian harga, mengingat akan mendapat diskon pajak pertambahan nilai (PPN) dari pemerintah.

Citroen resmi kembali masuk ke pasar Indonesia pada 2022 melalui Grup Indomobil. Mobil listrik Citroen yang telah dipasarkan di Indonesia saat ini adalah E-C3, pertama kali diperkenalkan di ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2023, dengan sistem yang masih impor utuh atau CBU dari India. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>