Ribuan Personel Gabungan Polda Metro Jaya Amankan Aksi di DPR, KPU dan Bawaslu 


Ilustrasi. Kepolisian (Dok. Polri)

AKTUALITAS.ID – Ribuan personel kepolisian dan TNI dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar di depan gedung DPR/MPR RI, Bawaslu, dan KPU RI di Jakarta pada hari Senin (18/03/2024). 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyatakan komitmen penuh pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.

“Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di depan gedung DPR/MPR RI, kami melibatkan personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan instansi lainnya,” ujar Kombes Pol Susatyo.

Sebanyak 1.087 personel dipersiapkan untuk mengamankan area di sekitar DPR/MPR RI, sementara di Bawaslu melibatkan 507 personil, dan KPU RI melibatkan 770 personel. Upaya penutupan atau pengalihan arus lalu lintas juga telah disiapkan secara situasional untuk mengantisipasi perkembangan dinamika situasi di lapangan.

“Kami mengedepankan tindakan persuasif, negosiasi, pelayanan, dan humanis dalam pengamanan ini. Kami juga mengimbau kepada para korlap dan orator untuk berorasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa,” tambahnya.

Pihak kepolisian menegaskan bahwa aksi unjuk rasa harus dilakukan secara damai, tanpa kekerasan, dan tidak merusak fasilitas umum. Mereka juga menghimbau kepada massa aksi untuk mengutamakan keamanan dan ketertiban dalam melaksanakan kegiatan mereka.

“Saya mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga aksi unjuk rasa ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan menghasilkan pesan yang disampaikan dengan jelas,” tutup Kombes Pol Susatyo. (YAN KUSUMA/RAFI)